GBPP
MATA KULIAH : FISIKA DALAM KEPERAWATAN
KODE MATA KULIAH :
BEBAN STUDI : 2 SKS
PENEMPATAN : SEMESTER I
A. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberi kemampuan kepada mahasiswa untuk memahai ilmu fisika sebagai Ilmu Dasar dengan Ilmu Keperawatan sebagai ilmu terapan dalam pelayanan kesehatan dengan pokok bahasan prinsip Ilmu Fisika yang berhubungan dengan Keperawatan, hukum thermodinamika, Hydrodinamika gaya
dan analisa gayagelombang dan ultrasonik serta cara kerja elektrikal.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Memahami prinsip Ilmu Fisika yang berhubungan dengan Ilmu Keperawatan.
2. Menerapkan hukum thermodinamika dalam Ilmu Keperawatan.
3. Menjelaskan Hydrodinamika dan penerapannya dalam pelayanan kesehatan.
4. Menjelaskan teori gelombang dan ultrasonik.
5. Menerapkan prinsip cara kerja elektrikal dalam praktek ilmu keperawatan.
C. PROSES PEMBELAJARAN
T : Dilaksanakan di kelas dengan menggunakan ceramah, diskusi, seminar dan penugasan
P : Dilaksanakan di kelas, Laboratorium ( baik di kampus maupun di lahan praktek ) dengan menggunakan metode simulasi, demonstrasi, role play dan bed side teaching.
D. EVALUASI
Teori
1. UTS : 15%
2. UAS : 15%
3. Tugas : 10%
Praktikum : 50%
E. BUKU SUMBER
Buku Utama
1. Gabriel, S ( 1995 ). Fisika Kesehatan, ECG Jakarta ( BU.1 )
2. Wilarja ( 1997 ), Kamus Fisika Mekanika, Pusat ( BU.2 ) Pengembangan........, Jakarta
3. FK, USU, Fisika Kesehatan Medan
RINCIAN KEGIATAN
No. | TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS | POKOK/SUB POKOK BAHASAN | WAKTU | SUMBER | ||
T | P | K | ||||
1. | Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu : Memahami prinsip Ilmu Fisika yang berhubungan dengan Ilmu Keperawatan. | 1.1. Rumpun – rumpun ilmu pengetahuan 1.2. Hubungan Ilmu Fisika sebagai ilmu dasar dan Ilmu Keperawatan sebagai ilmu terapan 1.3. Biomekanika 1.4. Pengaruh tekanan dalam Ilmu Keperawatan | 2 jam | 2 jam | | BU 1,3 |
2. | Menerapkan hukum thermodinamika dalam pelayanan kesehatan | 2.1. Pengertian thermodinamika 2.2. Hukum – hukum thermodinamika 2.3. Contoh – contoh thermodinamika 2.4. Penerapan energi panas dalam pengobatan 2.5. Penerapan energi dingin dalam pengobatan 2.6. Penerapan thermografi untuk diagnosis | 2 jam | 4 jam | | BU 1,2,3 |
3. | Menerapkan pengaturan suhu tubuh | 3.1. Transfer panas 3.1.1. Konduksi 3.1.2. Konveksi 3.1.3. Radiasi 3.1.4. Evaporasi 3.2. Energi panas dalam bidang kesehatan 3.2.1. Efek panas 3.2.2. Penggunaan energi panas dalam pengobatan - Metode Konduksi - Metode Radiasi - Metode Elektromagnetis 3.3. Thermografi 3.3.1. Dasar thermografi 3.3.2. Penggunaan thermografi untuk diagnostik | 2 jam | 4 jam | | BU 1,3 |
4. | Menjelaskan Hydrodinamika dan penerapannya dalam pelayanan kesehatan | 4.1. Peneraapan Hydrodinamika pelayanan kesehatan 4.1.1. Pengertian Hydrodinamika 4.1.2. Contoh – contoh alat yang digunakan dalam pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan Hydrodinamika | 1 jam | 2 jam | | BU 1,2,3 |
5. | Menjelaskan Gaya pada tubuh | 5.1. Gaya pada tubuh dalam keadaan statis 5.2. Gaya pada tubuh dalam keadaan dinamis | 1 jam | 2 jam | | BU 1,2 |
6. | Menjelaskan Analisa gaya dan kegunaan klinik | 6.1. Gaya vertikal dan kegunaan klinik 6.2. Gaya horizontal dan kegunaan klinik 6.3. Gaya yang membentuk sudut | 1 jam | 2 jam | | BU 1,2 |
7. | Memahami teori gelombang | 7.1. Macam – macam gelombang arus listrik 7.2. Macam – macam gelombang potensial aksi 7.3. Syarat – syarat listrik tubuh 7.4. Jenis – jenis alat kedokteran yang berkaitan dengan teori gelombang | 1 jam | 4 jam | | BU 2,3,4 |
8. | Memahami Ultrasnik | 8.1. Daya Ultrasonik 8.2. Prinsip penggunaan Ultrasonik 8.3. Penggunaan gelombang Ultrasonik dalam bidang kedokteran 8.4. Hal – hal yang didiagnosis dengan Ultrasonik 8.5. Penggunaan Ultrasonik dalam pengobatan | 2 jam | 6 jam | | BU 1,2,3 |
9. | Mengenal jenis alat elektronik dalam pelayanan kesehatan | 9.1. ECG 9.2. Dopler 9.3. Suction 9.4. Vacum Extraksi 9.5. Alat monitoring kesejahteraan janin | 4 jam | 6 jam | | BU 1,2,3 |
| | JUMLAH | 16 jam | 32 jam | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar